Bagaimana Cara Agar Anak Mau Rajin Belajar

Home / Family & Parenting / Bagaimana Cara Agar Anak Mau Rajin Belajar

Anak yang giat belajar adalah idaman semua orang. Sayangnya tak semua anak mau rajin belajar. Ada yang memilih bermain sepanjang waktu daripada menyisihkan waktu untuk membaca buku pelajaran. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar buah hati Anda mau belajar dengan sendiri. Cara-cara ini tidak terlalu susah untuk diaplikasikan di rumah Anda. Berikut adalah tips-tipsnya.

Bagaimana Cara Agar Anak Mau Rajin Belajar Bagaimana Cara Agar Anak Mau Rajin Belajar Tanpa Paksaan

1. Buat Ruang Belajar Lebih Menarik
Ruang belajar memiliki andil yang sangat tinggi bagi kecerdasan otak. Jika ruang ini nyaman, otomatis anak akan belajar dengan tenang. Namun, jika ruang yang dihuni tak nyaman dan tak kondusif, anak akan sulit berkonsentrasi. Ada banyak cara yang bisa orangtua lakukan agar anak nyaman di ruang belajarnya. Pertama, buatlah anak bersemangat dengan ruang tersebut. Anda boleh mengecatnya sesuai warna kesukaannya. Usahakan beri pencahayaan yang cukup. Tak terlalu terang dan tak terlalu redup. Sediakan peralatan alat tulis yang lengkap. Agar anak lebih bersemangat dan ceria di ruang belajarnya, gantungkan pula slogan-slogan atau kutipan yang membuatnya lebih bersemangat untuk belajar. Hiasan dinding favoritnya juga bisa diletakkan di ruang belajar.

2. Membelikan Buku Cerita
Salah satu cara belajar yang baik yaitu dengan membaca. Sayangnya semakin ke sini semakin sedikit minat anak terhadap budaya membaca. Anak banyak yang terpaksa untuk membaca karena perintah oleh guru. Bukan dari kemauan sendiri. Cara terbaik untuk membiasakan anak memiliki minat membaca sejak kecil yaitu dengan membelikannya buku cerita. Belikan sesuai tema dan kesukaan anak. Jika suka dengan temanya, otomatis anak akan penasaran dan membaca buku cerita tersebut. Apabila anak gemar membaca buku cerita, maka semakin lama akan menjadi gemar membaca sehingga terbawa hingga ke sekolahnya.

3. Memberi Hadiah
Jika anak sulit belajar, maka tantanglah anak Anda. Rayulah ia dengan berjanji memberikan hadiah apabila berhasil mendapatkan juara kelas atau nilai 100. Dengan adanya hadiah atau reward, anak akan merasa lebih terpacu untuk mencapai prestasi yang gemilang. Berikan hadiah yang sangat diidamkan. Namun, pastikan yang masih bisa Anda dapatkan. Pantaulah semangat belajar dengan selalu mengingatkannya tentang hadiah yang akan didapat jika berhasil menjadi juara kelas.

4. Sering Berkomunikasi
Komunikasi adalah hal yang penting di sebuah keluarga. Sepulang sekolah, ajak anak Anda bicara. Tanyakan keseharian yang terjadi di sekolah. Dengarkan dengan sungguh-sungguh. Dengan berkomunikasi dan mendengarkannya, anak akan merasa mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Tanya pula kesulitan yang dialami siswa di sekolah. Hal ini akan membantunya memberinya solusi sehingga permasalahan yang dihadapi dapat teratasi. Semisal, jika anak merasa kesulitan dengan pelajaran Matematika, Anda bisa membantunya dengan mengajarinya di atau Anda boleh juga memanggil guru les ke rumah. Komunikasi tak hanya mendekatkan Anda dan si buah hati. Dekatnya hubungan ini akan membuat anak merasa terbuka. Otomatis ini akan membuat anak lebih rajin dalam belajar.Bagaimana Cara Agar Anak Mau Rajin Belajar

5. Support dan Doa
Setelah melakukan segala upaya, jangan lupa untuk menyemangati dan mendoakan anak Anda. Sebelum berangkat untuk ujian di sekolah, semangati anak dengan memberikan kata-kata penyemangat. Ini terdengar sepele namun dampaknya sangat besar. Anak akan lebih semangat dan optimis dengan kemampuannya. Jika optimis, saat mengerjakan ia akan lebih tenang dan nilai yang didapat pun semakin baik. Jangan lupa doakan ia karena Tuhanlah tempat berpasrah setelah segala upaya yang dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *