Jenis-jenis Bahan Spandek untuk Membuat Bergo Spandek

Home / Fashion / Jenis-jenis Bahan Spandek untuk Membuat Bergo Spandek

Bergo Spandek . Dewasa ini, kesadaran berjilbab di kalangan perempuan muslim semakin meningkat. Begitu juga gaya busana dan model hijab yang semakin mengalami banyak perkembangan. Model hijab sendiri sudah beraneka ragam mulai dari pasmina, segi empat, dan bergo. Bergo sendiri merupakan hijab instan syar’i yang terdapat pet di depannya. Jenis bergo pun banyak, salah satunya adalah bergospandek. Spandek termasuk bahan sintesis yang terbuat dari serat elastomer yang tidak bisa berdiri sendiri menjadi kain, jadi harus dikombinasikan dengan bahan-bahan lain, oleh sebab itu bahan spandek pun memiliki bermacam-macam jenis berdasarkan campurannya. Berikut ini penjelasan beberapa bahan spandek yang dijadikan bergo yang mungkin bisa dijadikan referensi sebelum Anda membeli bergo.bergo spandek

Jenis-jenis Bahan Spandek untuk Bergo

1. Bergo dari Bahan Korean Spandek
Bahan Korean spandek sering dikenal juga dengan InterlockedTwistedYarnatau spandek Korea. Karakteristik bergo spandek yang dibuat dari kain spandek Korea ini sangat lembut, dan lentur sehingga jatuh dengan baik jika dikenakan. Sayangnya, bergo yang dibuat dari bahan spandek Korea juga lebih berat dari spandek rayon.

2. Bergo Berbahan Katun Spandek
Sesuai namanya, bahan katun spandek merupakan campuran dari katun dan spandek. Bergo spandek yang dibuat dari katun spandek memiliki sifat yang elastis, tahan lama, dan dingin jika digunakan. Bergo dari katun spandek sangat cocok dikenakan oleh orang yang tinggal di daerah tropis karena cuacanya yang panas akan sedikit sejuk jika menggunakan katun spandek yang dingin.

3. Bergo Berbahan Rayon Spandek
Bergospandekyang selanjutnya adalah bergo yang dibuat dari kain rayon spandek. Kain ini hasil dari campuran bahan spandek dan bahan rayon, oleh sebab itu kain ini memiliki karakteristik yang lembut, sejuk jika dikenakan, dan bisa menyerap keringat. Selain itu, bergo yang dibuat dari bahan rayon spandek juga sangat halus, elastis, dan melar jika digunakan. Namun sayangnya bahan ini mudah kusut. Meskipun begitu, bergo dari bahan ini tetap cocok digunakan oleh hijabers yang tinggal di negara tropis dan bentuknya yang melar juga pantas digunakan ibu hamil.

4. Bergo Berbahan Semi Rayon Spandekbergo spandek
Bergo yang terbuat dari bahan semi rayon spandek memiliki ciri-ciri yang hampir mirip dengan bahan rayon spandek. Namun karena bahan spandek lebih dominan dari bahan rayon, kain semi rayon spandek lebih elastis dari pada kain rayon spandek. Selain itu, bergo dari bahan semi rayon spandek juga halus, lembut, dingin ketika digunakan, nyaman, dan bersifat menyerap keringat dan sejuk. Jadi, tidak banyak perbedaan antara semi rayon spandek maupun rayon spandek selain tingkat keelastisan dan jumlah kandungan bahan rayonnya.

Itulah beberapa contoh jenis-jenis kain spandek yang digunakan untuk membuat bergospandek. Untuk warnanya sendiri, semua jenis spandek tersebut memiliki warna yang cerah dan modelnya pun bermacam-macam. Hijabbergo lebih baik dan banyak diminati karena selain bisa menutupi rambut dan bagian kepala, tapi juga panjang menutupi badan bagian depan sehingga sering dikenal juga dengan hijabsyar’i. Adapun jenis kain yang dipakai untuk membuat bergo bukan hanya spandek tetapi juga jersey. Masing-masing bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, termasuk juga dengan hijab bergo spandek yang telah dijelaskan di uraian sebelumnya. Tetapi apa pun jenis bahan dan bagaimana modelnya, yang paling penting bagi perempuan yang berhijab adalah niat dalam menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *