Tips Agar Doa Cepat Dikabulkan Oleh Allah

Home / Islam / Tips Agar Doa Cepat Dikabulkan Oleh Allah

Islam mengajarkan bahwa doa adalah senjata dan kekuatan bagi setiap muslim. Berdoa adalah cara untuk memohon dan meminta kepada Sang Pencipta atas hajat, cita-cita, dan juga harapan. Berdoa bukanlah sebuah sulap yang bisa terjadi dalam sekejap mata, terkabulnya sebuah doa ada prosesnya. Namun, ada beberapa tips atau amalan yang dapat mempercepat doa tersebut dikabulkan oleh Allah.

Tips Agar Doa Cepat Dikabulkan Oleh AllahBeberapa Tips Agar Doa Cepat Dikabulkan Oleh Allah

Apabila merasa doa Anda belum atau lama terwujud, mungkin ada beberapa hal yang perlu diperbaiki saat Anda berdoa. Hal yang perlu diperhatikan saat Anda berdoa diantaranya adalah tata cara atau adab saat memanjatkan doa dan pemilihan waktu yang mustajab bagi sebuah doa.

1. Adab berdoa
Berdasarkan sunnah Rasul doa diawali dengan melakukan wudhu, sebelum memanjatkan doa keadaan diri harus bersih dengan bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah. Jika Anda berdoa jangan langsung meminta, sebagai bentuk tata karma lebih baik jika memuji Allah dan membaca shalawat terlebih dahulu. Memuji Allah bisa dengan membaca tasbih, tahmid, dan takbir. Membaca shalawat merupakan hal penting seperti sebagai pengantar doa menuju Allah, dalam hadist riwayat Thabrani dijelaskan bahwa setiap doa yang dipanjatkan akan sampai kepada Allah setelah membaca shalawat kepada Nabi. Berdoalah dengan menghadap ke arah kiblat dan dengan suara yang pelan sebagai bentuk merendahkan diri, dan jangan berdoa dengan muka menengadah melihat langit.

2. Waktu mustajab untuk berdoa
Diantara waktu mustajab untuk berdoa adalah saat adzan berkumandang dan turun hujan. Waktu di antara adzan dan iqamat, serta sepertiga malam terakhir. Dalam beberapa hadist dijelaskan bahwa Allah turun ke langit pada setiap malamnya. Firman Nya berbunyi barang siapa yang berdoa kepada Ku maka akan dikabulkan, siapa yang meminta kepada Ku maka akan Aku beri, dan siapa yang memohon ampun kepada Ku maka akan Aku ampuni. Waktu mustajab lainnya adalah setelah menunaikan shalat wajib. Pada hari-hari di bulan suci Ramadhan juga merupakan waktu terbaik untuk berdoa terutama pada malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhir. Pada hari-hari itu umat muslim sedang berburu malam lailatul qadar yang merupakan malam yang lebih baik dari malam seribu bulan. Waktu doa seluruh manusia dikabulkan oleh Allah. Dijelaskan dalam surat Az-Zumar ayat 8 yang intinya bahwa berdoa seharusnya tidak hanya dilakukan pada saat susah atau menderita melainkan setiap waktu termasuk saat bahagia atau lapang.Tips Agar Doa Cepat Dikabulkan Oleh Allah

3. Meminta doa kepada orang lain
Apabila Anda merasa doa Anda lama tidak terkabulkan tidak ada salahnya untuk meminta di doakan oleh orang lain. Tidak ada yang tahu dari mulut siapa sebuah doa dikabulkan oleh Allah. Orang yang doanya mustajab antara lain adalah orang yang sedang melakukan ibadah haji atau umrah. Orang-orang yang sedang berperang dan berjuang di jalan Allah juga merupakan yang musjatab doanya. Doa dari seorang anak yatim dan anak yang berbakti pada orang tua juga mustajab untuk dikabulkan Allah. Orang yang doanya mustajab lainnya adalah orang yang terpaksa, orang yang sedang kesusahan, dan orang yang teraniaya.

Itulah beberapa tips agar doa Anda cepat dikabulkan oleh Allah. Setiap muslim wajib percaya bahwa semua doa akan dikabulkan oleh Allah. Allah akan mengabulkan doa yang memang baik untuk orangnya, atau menyimpannya sampai waktu paling tepat, atau menggantikan apa yang di doakan dengan sesuatu yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *