Tips Mempererat Hubungan Mertua dan Menantu

Home / Family & Parenting / Tips Mempererat Hubungan Mertua dan Menantu

Mempererat Hubungan Mertua dan Menantu . Jika Anda sudah menikah, pastinya Anda akan memiliki dua orang tua yang berbeda yaitu orang tua kandung dan orang tua dari suami atau istri Anda. Pernikahan memang bukan hanya menyatukan dua lawan jenis yang saling mengasihi, menyayangi dan mencintai, tetapi pernikahan juga menyatukan dua buah keluarga yang berbeda. Setiap orang pasti mendambakan hubungan yang harmonis, baik dalam suami-istri maupun hubungan dengan sang mertua. Namun banyak juga ditemukan beberapa keluarga yang mempunyai hubungan kurang baik terhadap mertuanya. Oleh karena itu, dibawah ini akan dibagikan beberapa tips bagaimana mempererat hubungan antara mertua dan menantu yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan Anda.Tips Mempererat Hubungan Mertua dan Menantu

Beberapa Tips Mempererat Hubungan Mertua dan Menantu

Sebelum melakukan pernikahan pastinya Anda akan mendengar banyaknya keluh kesah dari teman-teman Anda mengenai hubungannya yang kurang baik dengan mertua, hal ini mungkin sedikit demi sedikit menjadi ketakutan bagi Anda dan memunculkan pemikiran yang buruk mengenai mertua. Mungkin beberapa tips yang akan dijelaskan dibawah ini dapat membantu Anda menjalin hubungan yang baik dengan mertua seperti berikut ini.

1. Anggaplah Mertua Sebagai Orang Tua Kandung Anda
Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah menganggap mertua Anda sebagai orang tua kandung sendiri. Hal ini sangat disarankan untuk Anda lakukan karena bisa meningkatkan hubungan yang harmonis layaknnya hubungan Anda dengan orang tua sendiri. Jika Anda sudah menganggapnya seperti orang tua kandung, Anda pastinya sudah tahu bagaimana harus bersikap dan akan menyayangi mereka seperti Anda menyayangi orang tua Anda. Jika Anda merasa kesal dengannya sebaiknya Anda menghindari pemikiran-pemikiran buruk dan selalu mengingat bahwa mertua Anda adalah orang tua yang telah membesarkan dan merawat orang yang Anda cintai dan harus dihormati.

2. Budayakan Sikap Saling Menghargai
Jika Anda tinggal satu rumah dengan mertua Anda, hal yang harus Anda lakukan ialah hargai mertua Anda, karena jika Anda sudah menghargai beliau juga akan melakukan hal yang sama. Jika memang mertua Anda tidak melakukan hal yang sama, Anda bisa membicarakannya kepada mertua Anda secara langsung dengan baik. Hindari meminta bantuan kepada suami atau istri Anda jika sedang mempunyai masalah dengan mertua karena hal ini bisa saja akan menimbulkan masalah baru. Anda harus lebih bersabar dan lebih banyak mengalah demi kebaikan hubungan Anda dengan mertua dan pasangan Anda.

3. Menjaga Silaturahmi yang Baik dengan Mertua
Apabila Anda sudah mempunyai rumah sendiri untuk ditinggali dengan pasangan Anda, sebaiknya Anda terus menjaga silaturahmi dengan mertua. Apalagi jika rumah Anda dekat dengan mertua. Disarankan untuk Anda mengunjunginya setiap satu minggu sekali sekedar menanyakan dan menjenguk keadaannya. Anda bisa datang dengan membawa makanan kesukaan mertua atau apapun yang beliau sukai. Hal ini tentunya akan mempererat hubungan Anda dengan mertua dan juga silaturahmi sangat dianjurkan untuk dilakukan dalam Islam karena bisa memperlancar rezeki siapapun yang melakukannya. Bila Anda mempunyai kesibukan yang membuat Anda tidak bisa mengunjunginya, Anda bisa saling berkomunikasi melalui telepon agar hubungan Anda menjadi selalu harmonis.

Dengan beberapa tips yang telah dijelaskan diatas mengenai cara mempererat hubungan mertua dan menantu akan membuat Anda memiliki keluarga yang harmonis jika menerapkannya dalam kehidupan Anda. Jika Anda sudah mempunyai hubungan yang harmonis, sebaiknya Anda terus menjaga hubungan tersebut. Dan jangan lupa untuk selalu menghormati orang tua dan mertua serta berusaha bersikap baik meskipun Anda merasa kesal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *